__________________________________________________________________________________

| Nawawi | Aqeedah | Fiqh | Anti Syirik | Galeri Buku | Galeri MP3 | U-VideOo |
__________________________________________________________________________________

Saturday, October 22, 2011

132 - Hukum Bertepuk-Tangan

Hukum Bertepuk-Tangan



حكم التصفيق في الحفلات

ما حكم التصفيق للرجال في المناسبات والاحتفالات؟

التصفيق في الحفلات من أعمال الجاهلية وأقل ما يقال فيه الكراهة ، والأظهر في الدليل تحريمه لأن المسلمين منهيون عن التشبه بالكفرة وقد قال الله سبحانه في وصف الكفار من أهل مكة وَمَا كَانَ صَلاتُهُمْ عِنْدَ الْبَيْتِ إِلا مُكَاءً وَتَصْدِيَةً.

قال العلماء المكاء الصفير والتصدية التصفيق والسنة للمؤمن إذا رأى أو سمع ما يعجبه أو ما ينكره أن يقول: سبحان الله أو يقول: الله أكبر كما صح ذلك عن النبي صلى الله عليه وسلم في أحاديث كثيرة ، ويشرع التصفيق للنساء خاصة إذا نابهن شيء في الصلاة أو كن مع الرجال فسهى الإمام في الصلاة فإنه يشرع لهن التنبيه بالتصفيق أما الرجال فينبهونه بالتسبيح كما صحت بذلك السنة عن النبي صلى الله عليه وسلم وبهذا يعلم أن التصفيق من الرجال فيه تشبه بالكفرة وبالنساء وكلا ذلك منهي عنه. والله ولي التوفيق

Pertanyaan kepada Syaikh 'Abdul 'Aziz B. Baz rahimahullah:

Apa hukum bertepuk-tangan bagi lelaki bagi waktu-waktu dan dalam pertemuan-pertemuan tertentu?

Jawab Syaikh 'Abdul 'Aziz B. Baz:

Bertepuk tangan dalam pertemuan-pertemuan merupakan perbuatan jahiliah. Pendapat yang paling ringan menyatakan hukumnya makruh. Dan yang lebih nyata dari dalil-dalil yang ada adalah bahwa hal itu haram, karena kaum muslimin dilarang menyerupai orang-orang kafir. Sungguh Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman menyebutkan sifat orang kafir penduduk Makkah:

وَمَا كَانَ صَلاَتُهُمْ عِنْدَ الْبَيْتِ إِلاَّ مُكَاءً وَتَصْدِيَةً

“Solat mereka di sekitar Baitullah itu tidak lain hanyalah siulan dan tepukan-tangan.” (Surah al-Anfal, 8: 35)

Para ulama mengatakan, الْـمُكَاءُ adalah siulan manakala التَّصْدِيَةُ adalah tepuk-tangan. Dan yang sunnah bagi seorang mukmin ketika melihat atau mendengar sesuatu yang mengagumkan atau yang dia benci adalah mengucapkan Subhanallah (Maha Suci Allah) atau Allahu Akbar (Allah Maha Besar), sebagaimana ianya sahih dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam dalam banyak hadis.

Dan disyari’atkan bertepuk-tangan secara khusus bagi wanita ketika mereka mengingatkan sesuatu dalam solat, atau ketika mereka solat bersama kaum lelaki iaitu di ketika imamnya lupa (tersalah). Ketika itu disyari’atkan bagi wanita untuk mengingatkan dengan tepukan tangan. Adapun bagi lelaki, mereka mengingatkan imam dengan tasbih (ucapan Subhanallah) sebagaimana ianya sahih dari Sunnah Nabi Shallallahu ‘alaihi wa Sallam.

Dari sini dapat diketahui bahawa tepuk-tangan bagi lelaki adalah perbuatan menyerupai orang-orang kafir dan kaum wanita. Keduanya merupakan perkara yang dilarang bagi kaum lelaki. Allah Subhanahu wa Ta’ala sajalah yang memberi taufiq.

1 comment:

Unknown said...

saya atas nama BPK. SAMSUL dari MADURA ingin mengucapkan banyak kasih kepada MBAH KARYO,kalau bukan karna bantuannya munkin sekaran saya sudah terlantar dan tidak pernaah terpikirkan oleh saya kalau saya sdh bisa sesukses ini dan saya tdk menyanka klau MBAH KARYO bisa sehebat ini menembuskan semua no,,jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH KARYO no ini 082301536999 saya yakin anda tdk akan pernah menyesal klau sudah berhubungan dgn MBAH KARYO dan jgn percaya klau ada yg menggunakan pesan ini klau bukan nama BPK. SAMSUL dan bukan nama MBAH KARYO krna itu cuma palsu.m